Jumat, 05 November 2010

EDISI PERTAMA




Salam Redaksi

Puji syukur atas rahmat Allah SWT, dengan ijin-Nya, edisi perdana Habar Antaludin dapat diterbitkan.

Hampir setahun sejak nama Habar Antaludin dikenalkan tanggal 24 Januari 2008 di Aula Kantor Departemen Agama Kabupaten Hulu Sungai Selatan, baru sekarang bisa hadir ke tangan pembaca.

Dengan keterbatasan personel redaksi, Habar Antaludin hadir dengan kesan jauh dari sempurna.

Edisi perdana ini masih mengalami banyak kekurangan baik dari tampilan maupun isi, jauh dari yang kita harapkan. Namun ini merupakan sebuah anugerah tersendiri, hadiah yang luar biasa untuk Kantor Departemen Agama Kabupaten Hulu Sungai Selatan dalam menyambut Hari Amal Bakti Departemen Agama ke – 63 Tahun 2009.

Dengan kerendahan hati, redaksi sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun bulletin Habar Antaludin sebagai media dakwah, edukasi, pendidikan dan agama.

 
Staf Redaksi :
Drs. H. Mahrus
Drs. Syafruddin HMS
Drs. Abd. Wahab Sya’rani
Dra. Fadliah
Drs. Mustafa
HM. Yahya Yusuf, S.Pd.I
Fathurrahman, S.Ag.

Fotografer :
Budi Arfianto, SE.

Setting / Layout
Mahlina Wati




APEL KESADARAN
JAJARAN DEPARTEMEN AGAMA

PNS di Lingkungan Kantor Departemen Agama Kabupaten Hulu Sungai Selatan melaksanakan Apel Kesadaran Pegawai Negeri Sipil Tanggal 17.

U
ntuk pertama kalinya, Kantor Departemen Agama Kabupaten Hulu Sungai Selatan melaksanakan Apel Kesadaran Pegawai Negeri Sipil pada hari Rabu tanggal 17 Desember 2008 di Halaman Kantor Departemen Agama Kabupaten Hulu Sungai Selatan di Jalan Jenderal Sudirman, Kandangan. Apel tersebut diikuti oleh Kasubbag. Tata Usaha, Kepala Seksi dan Penyelenggara, Kepala Madrasah, Kepala KUA, Penyuluh Agama, Pengawas Pendidikan dan karyawan / karyawati di lingkungan Kantor Departemen Agama Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Pgs. Kepala Kantor yang dijabat Kasubbag. Tata Usaha yaitu Drs. H. Mahrus. Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa :
“Tujuan dari pelaksanaan Apel Kesadaraan yang akan dilaksanakan setiap tanggal 17 adalah untuk meningkatkan kualitas disiplin Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kantor Departemen Agama Kabupaten Hulu Sungai Selatan, karena hal ini akan menggambarkan citra Departemen Agama secara keseluruhan. Apakah sesuai dengan Kode Etik Pegawai Negeri Sipil Departemen Agama atau belum? PNS Departemen Agama harus punya kualitas disipilin tinggi sebagai individu yang jujur, bertanggung jawab, profesional dan memiliki rasa kebersamaan. Tugas adalah amanah yang harus ditunaikan dan dipertanggungjawabkan, bukan cuma sebagai individu tetapi sebagai bagian dari sebuah institusi atau lembaga. Peningkatan kualitas disiplin individu PNS akan memberikan dampak yang positif bagi lembaga tempat ia bekerja, sehingga lembaga tersebut mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, sebagai bagian dari pelaksanaan Good Goverment”.

 

Selain itu, beliau juga menyinggung masalah sertifikasi guru terutama tentang ketentuan bahwa jumlah jam mengajar guru setiap minggu minimal 24 jam pelajaran dan jumlah tatap muka minimal 37,5 jam per minggu. Hal ini menjadi masalah yang perlu perhatian khusus karena belum meratanya perbandingan jumlah guru dan murid di setiap madrasah. Ada madrasah yang perbandingan jumlah guru dengan jumlah muridnya adalah 1 berbanding 2, tetapi ada juga madrasah yang mengalami kekurangan guru, 1 orang guru berbanding 30 – 40 murid. Juga masih ditemui ada oknum guru di jalan pada saat – saat jam sekolah serta guru yang terlambat datang mengajar.

Pelaksanaan Apel Kesadaran ini adalah hasil evaluasi dari kegiatan Apel Pagi dan Siang yang dilaksanakan setiap hari di Kantor Departemen Agama Kabupaten Hulu Sungai Selatan, yang memberikan dampak positif terhadap kinerja Kantor Departemen Agama Kabupaten Hulu Sungai Selatan terutama untuk pelayanan kepada masyarakat. Rencananya Apel kesadaran ini akan dilaksanakan secara rutin setiap tanggal 17 dengan tempat di halaman Kantor Departemen Agama Kabupaten Hulu Sungai Selatan, tidak hanya untuk meningkatkan kualitas disiplin tetapi juga dalam rangka mempererat silaturahmi antar PNS di lingkungan Departemen Agama Kabupaten Hulu Sungai Selatan. (aliens / 311208)


PELATIHAN APLIKASI SIMAK DAN PERSEDIAAN SERTA PEMBUKUAN BENDAHARA PENGELUARAN

Tanggal 11 sampai dengan 19 November 2008, Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keuangan Kantor Departemen Agama Kabupaten Hulu Sungai Selatan melaksanakan kegiatan monitoring keuangan Madrasah Negeri di lingkup Kabupaten Hulu Sungai Selatan, dengan tujuan untuk membina dan membimbing Bendahara Pengeluaran Madrasah Negeri di bidang administrasi keuangan dan tertib laporan. Tim Monev ini terdiri dari Drs. H. Mahrus (Kasubbag. Tata Usaha) selaku ketua, Fathurrahman, S.Ag. (Perencanaan), Abdul Aziz, S.Ag. (Humas), Mahlina Wati (Bendahara Pengeluaran), Budi Arfianto, SE (pengelola SABMN). Hasil dari kegiatan ini adalah Bendahara Pengeluaran Madrasah Negeri memerlukan bimbingan dan pelatihan lebih lanjut terutama untuk pembukuan.

Untuk menindaklanjuti hasil monitoring tersebut, Tim Monev kemudian melaksanakan kegiatan pelatihan Pembukuan Bendahara Pengeluaran yang dirangkai dengan kegiatan Pelatihan SIMAK dan Persediaan sebagai aplikasi baru dan harus dikerjakan untuk Laporan Tutup Tahun 2008, sehingga perlu pelatihan yang intensif.

Pelatihan ini dibuka dan ditutup oleh Kasubbag. Tata Usaha Kantor Departemen Agama Kabupaten Hulu Sungai Selatan, yang dalam sambutannya antara lain mengatakan bahwa “Tujuan pelatihan ini adalah Bendahara Pengeluaran mampu membuat pembukuan sesuai dengan format standar akuntansi pemerintah dan tertib lancarnya laporan keuangan”.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 4 (empat) hari, dari tanggal 15 sampai dengan 18 Desember 2008 di Aula Kantor Departemen Agama Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan dibiayai bersama oleh Madrasah Negeri sebanyak 33 buah Madrasah Negeri, setiap madrasah membayar sebesar Rp. 320.000,- (tiga ratus dua puluh ribu rupiah). Setiap Madrasah Negeri mengirim peserta sebanyak 3 (tiga) orang, yaitu Kepala TU, Bendahara Pengeluaran dan Operator Aplikasi. Sedangkan Nara Sumber Pelatihan Aplikasi SIMAK dan Persediaan dari Kanwil Dirjen Kekayaan Negara Wilayah XII Banjarmasin, dan Nara Sumber Pelatihan Pembukuan berasal dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Barabai.

Selesai pelatihan, peserta menyelesaikan laporan pengelolaan barang milik negara melalui aplikasi SIMAK dan Persediaan Tahun 2008 karena digunakan untuk Laporan Tutup Tahun 2008 di SAKPA 2008. Sedangkan untuk pembukuan Bendahara Pengeluaran, ternyata banyak hal yang belum dan keliru diterapkan dalam laporan atau bentuk pembukuan Bendahara Pengeluaran selama ini. Oleh karena itu Bendahara Pengeluaran diharapkan untuk memperbaiki bentuk dan laporan pembukuan yang ada, dan untuk tahun 2009 yang akan datang agar disesuaikan dengan standar pembukuan pemerintah. (aliens / 311208)



 

 

Monitoring dan Evaluasi Dana BOS

S
ejak tahun 2001, Pemerintah Indonesia mengalihkan sebagian dari dan subsidi BBM untuk pendidikan melalui Program Kompensasi Pengurangan Subsidi Bahan Bakar Minyak (PKPS – BBM) Bidang Pendidikan dalam bentuk Bantuan Khusus Murid (BKM) atau beasiswa bagi siswa SD / MI / SDLB dan SMP / MTs / SMPLB yang tidak mampu. Kemudian pada bulan Juli 2005 program tersebut diubah menjadi Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk seluruh SD / MI / SDLB dan SMP / MTs / SMPLB serta Pondok Pesantren Salafiah Penyelenggara Wajar Dikdas 9 Tahun, agar murid usia 7 – 15 tahun mendapat layanan pendidikan dasar 9 tahun sampai tamat. Dan sejak tahun 2006 program sudah menjadi program rutin Pemerintah yang tidak lagi terkait dengan pengurangan subsidi BBM.


Agar program wajar 9 tahun yang bermutu dan berkualitas dapat dicapai dengan baik dan lancar, maka pengelola pendidikan di sekolah / madrasah / pondok pesantren salafiyah, baik yang bernaung di bawah Departemen Pendidikan Nasional maupun Departemen Agama harus memahami dan melaksanakan proses penggunaan dana BOS sesuai dengan pedoman dan peraturan yang berlaku. Oleh karena itu di Kantor Departemen Agama Kabupaten Hulu Sungai Selatan dibentuk Tim Manajemen BOS Madrasah untuk mendukung sepenuhnya program pemerintah dalam rangka percepatan penuntasan Wajib Belajar 9 Tahun yang bermutu dan berkualitas.

Tim Manajemen BOS Kandepag Kab. HSS melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi penggunaan dana BOS di Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) se Kabupaten Hulu Sungai Selatan, dengan Surat Tugas Pgs. Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Hulu Sungai Selatan Nomor Kd.17.06/4/PP.00/450/2008 tanggal 23 November 2008 selama 1 (satu) bulan, dari tanggal 27 November sampai dengan 27 Desember 2008 untuk MI yang berjumlah 40 (empat puluh) buah dan MTs sebanyak 19 (sembilan belas) buah yang tersebar di 11 (sebelas) kecamatan.

Tim Manajemen BOS Kandepag Kab. HSS yang berjumlah 6 (enam) orang langsung terjun ke lapangan untuk memonitor dan mengevaluasi madrasah penyelenggara dan penerima dana BOS agar :
1.             Melaksanakan tugas dan amanah dengan penuh dedikasi dan bertanggung jawab
2.            Mengerjakan kewajibannya lebih efektif, transparan dan akuntabel
3.             Meningkatkan motivasi kualitas dan kinerja personil.
4.             Melaksanakan pengelolaan dana BOS dengan tertib administrasi, transparansi, efektifitas, efesien, tepat waktu serta terhindar dari penyimpangan

Tim Manajemen BOS Kandepag Kab. HSS menemukan adanya permasalahan dari madrasah penyelenggara dan penerima dana BOS, padahal jauh hari sebelumnya sudah dilaksanakan sosialisasi, pelatihan / workshop berkali – kali, baik dari Tim Manajemen Program maupun Kabupaten. Masalah yang ditemukan oleh Tim Monitoring dan Evaluasi diantaranya adalah :
1.             Masih ada Kepala Madrasah / Bendahara yang belum membuat Buku Kas Umum.
2.             Sebagian Kepala Madrasah / Bendahara tidak bisa memperlihatkan Buku Kas (pengeluaran).
3.             Sebagian Kepala Madrasah / Bendahara yang menggunakan dana BOS tidak sesuai prosedur dan peraturan yang berlaku.
4.             Dana BOS yang diterima, untuk sebagian madrasah, tidak sesuai dengan pendataan awal (ada lebih dan ada yang kurang)
5.             Penggunaan dana BOS oleh Kepala Madrasah / Bendahara sebagian tidak melalui rapat atau tidak melibatkan komite sekolah dan wali murid.
6.             Jumlah penggunaan dana BOS tiap bulan tidak sesuai dengan kebutuhan sekolah yang tertuang dalam RAPBS.
7.             Penyaluran / Pencairan dana dari lembaga penyalur sebagian terlambat, tidak sesuai dengan jadwal.

Dari hasil pelaksanaan kegiatan MONEV oleh Tim Manajemen BOS Kandepag Kab. HSS ini, diharapkan Madrasah bersedia untuk diaudit oleh lembaga yang berwenang terhadap seluruh dana yang dikelola madrasah yang bersangkutan.

Demikian sebagian dilema dana BOS yang menjadi temuan Tim Manajemen BOS yang bertugas untuk membimbing, membina dan memperbaiki penggunaan dana operasional, sehingga sesuai dengan prosedur yang berlaku. Agar kegiatan operasional Madrasah berjalan lancar dan sukses, sesuai dengan harapan Pemerintah untuk meningkatkan mutu dan kualitas anak bangsa dengan penuntasan Wajib Belajar 9 Tahun. (Drs. Abd. Wahab Sya’rani / Kasi Mapenda Kandepag Kab. HSS / 311208)





D
i era globalisasi ini, semua serba canggih, semua serba instan, orang – orang selalu sibuk, sementara usia selalu bertambah.

Yang menjadi pertanyaan adalah apakah di dalam kesibukan yang tiada berujung ini kita masih sempat untuk merenung? Merenung tentang apa dan siapa kita? Apa yang telah kita lakukan untuk orang tua, saudara, keluarga dan tetangga kita? Juga untuk agama dan negeri yang kita cintai ini?

Jangan – jangan kita termasuk orang yang telah dibutakan hatinya, mata dan telinganya oleh Allah SWT, naudzubillahi min zalik. Jangan – jangan kita termasuk orang yang pernah ditangisi Rasullah karena kita jauh dari sunnah beliau. Walaupun kita sering mengikuti pengajian, sering mengikuti acara – acara ritual lainnya, namun semuanya berlalu begitu saja? Kita masih sering menzhalimi orang lain baik dengan ucapan maupun perbuatan.

Dari Anas bin Malik r.a. bahwa Rasullah SAW bersabda :
“Tidaklah isitiqamah iman hamba hingga istiqamah hatinya. Dan tidak istiqamah hatinya hingga istiqamah lidahnya. Dan tidak masuk ke dalam surga, orang yang tetangganya tidak aman dari kejahatannya.” (HR. Bukhari)

Dengan momentum Hari Amal Bakti Departemen Agama Ke – 63 Tahun 2009 ini, sudah saatnya kita berhijrah, kita semua bertekad untuk lebih banyak merenung, berfikir positif dan berkarya cerdas demi mencapai kebahagian yang hakiki, bahagia di dunia dan akhirat, Amin ....! Memberikan yang terbaik untuk keluarga, instansi, agama dan negeri kita tercinta. (Dra. Hj. Hamdah / Pengawas Pendais  / 311208)




KEGIATAN PERINGATAN HARI AMAL BAKTI DEPARTEMEN AGAMA KE 63 TAHUN 2009 DI LINGKUNAN KANTOR DEPARTEMEN AGAMA KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN

 

Menjelang peringatan Hari Amal Bakti Departemen Agama ke 63 Tahun 2009, Kantor Departemen Agama Kabupaten Hulu Sungai Selatan membentuk Panitia Pelaksana yang berjumlah sebanyak 119 orang berdasarkan Surat Keputusan Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Hulu Sungai Selatan Nomor Kd..17.06 / HM.03 / 1146 / 2008 tanggal 27 November 2008.


Untuk memeriahkan peringatan HAB tersebut, Panitia Lomba Olahraga dan Seni melaksanakan berbagai kegiatan lomba yang mulai dilaksanakan sejak tanggal 22 sampai dengan 31 Desember 2008. Hasil dari Lomba Olahraga dan Seni tersebut adalah sebagai berikut :
I.            Bola Voli Pelajar Putra Tingkat MTs / Ponpes
1.            MTsN Habirau
2.           MTsN Tambak Bitin
3.           MTs Izzarussalam
4.           MTsN Sungai Raya
II.           Bola Voli Pelajar Putri Tingkat MTs / Ponpes
1.            MTsN Durian Rabung
2.           MTs Darul Ulum
3.           MTsN Telaga Langsat
4.           MTsN Sungai Paring
III.         Catur Pelajar Tingkat MI
1.            M. Ikhsan
2.           Ibnu Rahman
3.           Arif Rahman
4.           Budi Susilo
IV.         Bulu Tangkis Tingkat Guru / Karyawan
1.            Ibrahim, SPd.I  &  Mauni, A.Ma.
2.           Rozani Mi’ad, S.Pd. & Gazali Rahman, A.Ma.
3.           Jamjuri, S.Ag. & Taridi, A.Ma.
4.           Irwandi, S.Pd & Gusni Rahman, S.Pd.
V.           Tenis Meja Pelajar Putra Tingkat MA / Ponpes
1.            Taufik A
2.           Hermawan
3.           Fathurrahman
4.           Rahmadi
VI.         Tenis Meja Tingkat Guru / Karyawan
1.            Ahmad Fitriani, A.Ma. (MIN Teluk Haur)
2.           Latief Kamarudin, SPd. (MIN Muara Banta)
3.           Drs. Mustafa (Kandepag Kab. HSS)
VII.        Jalan Santai Pelajar Putri
1.            Nani Safitri (MTsN Padang Batung)
2.           Rabiatul Adawiyah (MTsN Amparaya)
3.           Laila Fitriani (MTsN Padang Batung)
VIII.      Jalan Santai Pelajar Putra
1.            Hendra Wahyudi (MTsN Padang Batung)
2.           Noor Hanafi (MTsN Padang Batung)
3.           Yusran Fauzi Lutfi (MTsN Padang Batung)
IX.         Jalan Santai Karyawan / Guru Putra
1.            Jamaludin, A.Ma. (RA Raudatul Jannah)
2.           Suriadi, A.Ma. (MIN Pahampangan)
3.           Alfian, A.Ma. (MI Pakuan Pamatang)
4.           Jali Hadi, A.Ma. (MIN Jalatang)
5.           Aip Usman (Kandepag Kab. HSS)
6.           Drs. Salman (MTs Darul Ulum)
7.           Mansyah, SPd (MTsN Padang Batung)
X.           Jalan Santai Karyawan / Guru Putri
1.            Siti Armaniah (MTs Darul Ulum)
2.           Ernawati (RA AL Minah)
3.           Sapiah, S.Pd (MIN Asam Cangkuk)
4.           Hamidah, A.Ma. (MI Pandak Daun)
5.           Rahmah, A.Ma (MI Pakuan Pamatang)
6.           Desi Arianti, A.Ma. (MTs Darul Ulum)
7.           Rusnah, A.Ma. (MTs Darul Ulum)
XI.        Mewarnai Tingkat RA
1.            Sarah Yunit Putri (RA NU Baluti)
2.           Siti Rahmah (RA NU Baluti)
3.           Muhammad Rayyan (RA Al Minah)
XII.        Olimpiade Matematika Tingkat MTs / Ponpes
1.            Nurul Huda Apriliani (MTsN Amawang)
2.           Miftah Farid (MTsN Habirau)
3.           Rusnani (MTsN Angkinang)
XIII.      Tartil Tingkat MI / Qari
1.            Ilham Gusmaidi (MI Tawia Barat)
2.           Nur Ahmad Najib (MIN Pandak Daun)
3.           M. Arifin (MIN Habirau Tengah)
XIV.      Tartil Tingkat MI / Qari’ah
1.            Halimah (MIN Pandak Daun)
2.           Nafsiah (MIN Habirau Tengah)
3.           Aulia Helyati (MI Tambak Loktampang)
XV.        Pidato Bhs. Indonesia Tingkat MA / Ponpes Putra
1.            M. Hifzil Ahwali (PP Tarbiyatul Furqan)
2.           M. Ridwan (MAN Negara)
3.           Rizqan Maulana (MAN 1 Kandangan)
XVI.      Pidato Bhs. Indonesia Tingkat MA / Ponpes Putri
1.            Husnul Khatimah (MAN 2 Kandangan)
2.           Putri Rahmah (MAN Negara)

Pemilihan Penyuluh Agama Teladan
Tingkat Kabupaten Hulu Sungai Selatan Tahun 2008

Berdasarkan surat Kepala Kanwil Departemen Agama Propinsi Kalimantan Selatan nomor Kw.17.6/2/BA.00/2120/2008 tanggal 28 Oktober 2008, Seksi Penamas Kantor Departemen Agama Kabupaten Hulu Sungai Selatan melaksanakan Pemilihan Penyuluh Agama Teladan pada tanggal 10 November 2008 yang lalu.

Pemilihan ini merupakan salah satu bentuk pembinaan dan peningkatan pengabdian bagi Penyuluh Agama Islam Fungsional dalam melaksanakan tugas bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat. Tujuan dari kegiatan ini adalah peningkatan kinerja bagi penyuluh dalam melaksanakan pembinaan dan penyuluhan.

Tim Penilai terdiri dari Drs. H. Sayuti HD (Ketua), Dra. Fadliah (Sekretaris), Husin Nafarin (Anggota), Sirajuddin (Anggota). Tim menilai semua penyuluh yang memenuhi syarat yakni sebanyak 5 (lima) orang.

Hasil penilaian tersebut adalah sebagai berikut : Penyuluh Teladan Fungsional Terbaik Pertama atas nama M. Ihsan, S.Ag. dari PAI Kec. Daha Utara, Terbaik Kedua atas nama Normiaty, S.Ag. dari PAI Kec. Telaga Langsat dan Terbaik Ketiga atas nama Rena Arianty, S.Ag. dari PAI Kec. Daha Selatan. (Dra Fadliah / Kasi Penamas Kandepag Kab. HSS / 311208).


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar